Senin, 01 Oktober 2012

TAK KAN BOSAN BELAJAR

Alkisah, Imam Qaffal pergi menuntut ilmu, padahal ketika itu ia berumur empatpuluh tahun. 
Awalnya, dia bimbang dan berkata pada dirinya sendiri," Bagaimana aku bisa belajar? aku sudah berumur empat puluh tahun, lalu kapan aku punya waktu untk menghafal, memeahami dan mengajarkan ilmuku kepada orang lain?". Akhirnya dia kembali pulang. Di tengah jalan beliau bertemu denganpemilik kincir air yang dijalankan oleh sapi dengan cara berputar-putar. saking seringnya sapi itu berputar, batu yang dipakai tambatan untuk mengikat sapi itu bisa pecah dan terbelah. melihat hal iniQafal pun berkata," aku akan mencarinya!Aku tidak akan pernah bosan untuk mencarinya."
Lalu diapun berpantun,

Belajarlah , dan jangan pernah bosan
sesungguhnya cobaan orang yang belajar adalah kebosanan
bukankah kamu bisa melihat
bahwa tali yang tidak begitukuat
mampu membelah batu yang sangat kuat.....
....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar